Pertanian Optimis Kurangi Produk Pangan Dari Luar Daerah

Bupati saat menyaksikan penyerahan Bantuan Alat Pertanian

LK.com, TALIABU– Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pulau Taliabu Septinus Barunggu, optimis dalam tahun mendatang, pihaknya mampu mengurangi masuknya produk bahan mentah berubah sayuran, tomat dan cabe dari luar daerah, dengan cara meningkatkan hasil produksi lokal.

Demikian juga untuk komoditas tanaman pangan lainnya seperti sayuran, tomat dan cabe serta jagung, maupun umbi-umbian yang kita akan terus dorong.“Makanya kami sudah menyiapkan program pembinaan pada seluruh klaster untuk pengembangan holtikultura pada beberapa jenis pangan seperti buah-buahan dan sayuran,”katanya.

Untuk itu, keinginan Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, agar tahun 2022 pasokan sayuran, Tomat dan Cabe dari luar daerah untuk dikurangi, menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Pertanian dan Peternakan Pulau Taliabu.”Ini seperti pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dalam waktu dekat ini,”cetus Septinus.

Selain itu juga dirinya akan melakukan evaluasi terhadap kelompok tani yang tak berfungsi dalam bekerja akan melakukan pengalihan bantuan peralatan kepada kelompok lain.”Seperti permintaan Bupati dalam penyerahan bahwa kelompok yang tidak memanfaatkan peralatan akan ditarik dan diberikan kepada kelompok lainnya, agar komoditas tanaman pangan local berjalan dengan baik,”tandasnya. (alfa)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *