Syam : DAU 2023 Bertambah Tergantung Hasil Verifikasi Data OPD

Kepala Bappeda Pulau Taliabu, H. Syamsudin Ode Maniwi

LK.com, TALIABU– Kepala Bappeda Pulau Taliabu, Maluku Utara, H. Syamsuddin Ode Maniwi, meminta kepada para OPD penerima Dana Alokasi Umum (DAU), agar menyiapkan data-data yang telah disepakati bersama para dirjen dalam rakor beberpa bulan lalu. Mengingat persiapan penyelesaian tapal batas desa saat ini juga mulai dikerjakan.

“Saya selaku koordinator yang ditunjuk untuk persoalan ini, maka saya juga meminta kepada Pimpinan OPD untuk menyiapkan semua kebutuhan yang telah diberikan para sekjen beberapa kementerian agar supaya usai lebaran kita kembali melakukan pertemuan,”katanya.

Dirinya mengaku memang ada beberapa OPD yang datanya diperlukan dalam rangka dukungan atas penambahan DAU 2023. dan ini semua perlu kita singkrongkan di daerah sebelum dibawah serta ke jakarta.”Ada OPD yang memang memerlukan kinerja ekstra untuk mendongkrat penambahan OPD setelah adanya penambahan luas wilayah ini,”kilahnya.

Ketika disentil terkait dengan kejelasan batas desa yang juga belum memenuhi aspek teknis maupun yuridis, dirinya mengaku bawah tim dan camat telah melakukan kesepakatan.”Tim dan Camat telah melalukan kesepakan dan hari ini kita masih menunggu para camat yang akan melakukan penyelesaian, setelah itu akan dibawah ke daerah untuk diselesaikan, selanjutkan akan diterbitkan peraturan bupati,”paparnya.

Apalagi penyelesaian ini penting sekali untuk dilakukan mengingat masalah tapal batas desa saat ini, menjadi masalah dan hal ini bukan hanya terjadi di Pulau Taliabu, tetapi hampir di seluruh indonesia.”Kita bersyukur penyelesaian tapal batas desa tidak menimbulkan konflik, akibat perebutan potensi,”tandasnya.

Percepatan penyelesaian semua kesepakan dalam rakor itu merupakan target pemda untuk penambahan  Dana Alokasi Umum (DAU) merupakan salah satu alasan dimana penyelesaian masalah batas wilayah di hemungsia sia dufu. Sebab batas wiayah turut mendorong besaran nilai DAU yang bakal diterima oleh pemerintah kabupaten. “Memang DAU berpengaruh terhadap alokasi DAU ke kabupaten. Besaran luas wilayah ini satu bagian sama dengan jumlah penduduk, indeks kemahalan konstruksi dan indeks kemiskinan relatif atau yang menjadi perhitungan DAU bagi satu daerah,”ujarnya lagi. Serya mengaku DAU 2023 Bertambah Tergantung Hasil Verifikasi Data OPD. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *