DP2KB Pulau Taliabu dan IBI Beri Layanan KB gratis Ke Warga

Pelayanan KB Gratis di Puskesmas Bobong

LK.com, TALIABU– Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, (DP2KB) Kabupaten Pulau Taliabu, bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pulau Taliabu, melaksanakan pelayanan KB gratis di Delapan Kecamatan dan 2 klinik di Kabupaten Pulau Taliabu.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, (DP2KB) Kabupaten Pulau Taliabu, Dince Muhdin, S.Pd, mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan kontrasepsi, dan mengupayakan generasi muda untuk mendapatkan informasi kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual.”Di samping itu, juga untuk memberikan akses pelayanan ke masyarakat, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke pusat layanan KB,” katanya, saat memberikan keterangan.

Dijelaskan dia, ini bagian dari pelayanan, pihaknya ingin mempermudah mereka para ibu-ibu untuk mendapatkan pelayanan KB, apalagi di Pulau Taliabu, dari Ibu Kota Kecamatan ke Desa mempunyai jarak tempuh.”Jadi kita harapkan warga juga saat petugas datang jangan lagi meninggalkan desa,”katanya.

Layanan KB Gratis oleh Dinas DP2KB dan IBI Pulau Taliabu

Pelayanan KB ini gratis, syaratnya pun cukup mudah bagi warga yang ingin mendapatkan pelayanan, yaitu peserta KB hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja.

Salah seorang peserta layanan KB gratis, Nur Hasnia,  mengatakan tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mendapatkan layanan KB gratis, dan memilih layanan KB implan. Untuk pelayanan KB gratis ini, ada dua jenis metode yang digunakan, yaitu metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) seperti implan atau susuk, serta metode kontrasepsi jangka pendek yang terdiri dari pil KB dan suntikan KB.

Bahkan, Kadis DP2KB Kabupaten Pulau Taliabu ini, meminta kepada warga bila tidak ada petugas yang melakukan pelayanan, maka warga mendatangi puskesmas dan pustu terdekat untuk mendapat pelayanan KB sevara gratis. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *