Meriahkan HUT RI, Pemda Taliabu Bagikan 5.000 Bendera Merah Putih

Penyerahan Bendera Merah Putih pada Gerakan 10 Juta Benderah Oleh Kesbangpol

LK.com, TALIABU– Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan pembagian 5.000 bendera merah putih secara gratis.
Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih yang dicanangkan pemerintah pusat dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77.
Penyerahan 5.000 bendera tersebut dilakukan secara simbolis oleh Asisten I Ma’ruf kepada masyarakat Desa Bobong, Desa Wayo, dan Desa Kilong di halaman kantor bupati, Kamis (4/8).
Kepala Badan Kesbangpol Pulau Taliabu Husain Adam mengatakan kegiatan tersebut bertujuan menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di Kabupaten Pulau Taliabu.
Selain itu, kegiatan pencanangan gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih kepada masyarakat ini dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77 yang seharusnya telah berlangsung akhir Juli lalu karena diperintahkan untuk dikibarkan sejak 1 Agustus sampai 31 Agustus 2022.”Dan kita juga mengharapkan pembagian 5.000 bendera ini dapat dikibarkan sampai ke pelosok Pulau Taliabu,” paparnya.
Kegiatan ini, lanjutnya, dilandasi pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas dan simbol bangsa sebagai alat pemersatu di seluruh Indonesia khususnya pada momentum peringatan HUT yang mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.
Sementara, Bupati Pulau Taliabu dalam sambutannya yang diwakilkan Asisten II menyampaikan, Ditjen Polpum Kemendagri bersama pemerintah provinsi dan kabupaten/kota melalui Badan Kesbangpol dipandang perlu menyelenggarakan suatu kegiatan yang semarak dan bertujuan menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat.”Kegiatan ini dilakukan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih identitas pemersatu yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah NKRI,” ujar Ma’ruf.
Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ini dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, serta unsur pemerintah maupun swasta.”Untuk itu saya sampaikan kepada seluruh camat dan kepala desa untuk mengkoordinir masyarakat di desa agar dapat mengibarkan bendera merah putih disertai umbul-umbul agar suasana kemerdekaan dan perayaan kemerdekaan terlihat semarak di masing-masing desa dan kecamatan,” tandasnya. (**)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *