Pemkab Pulau Taliabu Minta Pemerintah Pusat Bangun BLK di Taliabu

Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus

LK.com, TALIABU – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu meminta Pemerintah Pusat (Pempus) membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

BLK dipandang penting dibangun di Kabupaten Pulau Taliabu mengingat tingginya jumlah tenaga kerja asal yang bekerja di luar daerah. Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, Rabu (14/9) menjelaskan, Kabupaten Pulau Taliabu sebagai salah satu kantong pekerja  setelah adanya perusahan pertambangan ini.

Hingga sudah saatnya fokus memberikan perlindungan baik secara teknis maupun administrasi kepada warganya. Sehingga, proses penempatan selayaknya seperti yang diamanatkan dalam undang-undang. Bupati mengatakan, selama ini pola keberangkatan masyarakat Pulau Taliabu untuk mencari pekerjaan di luar negeri didominasi pola mandiri.

“Bisa dikatakan tradisional dengan tidak memiliki dokumen penempatan yang prosedural. Sebagian besar pengurusan dokumen juga masih melalui perantara atau calo sehingga memakan biaya yang tidak wajar. Pola eksploitasi yang dilakukan seperti ini sudah saatnya harus diakhiri,” tegasnya.

Pemerintah, kata Bupati, dalam waktu dekat akan menerbitkan Peraturan Daerah terkait Tenaga Kerja lokal maupun luar daerah yang bekerja di kabupaten Pulau Taliabu, terutama perlindungan. Hanya saja, belum diwujudnyatakan dalam program kerja penempatan.”Untuk mewujudkannya tentunya kita akan mengundang pihak terkait yang membutuhkan tenaga kerja, agar supaya pencari kerja tidak lagi keluar daerah,”katanya.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk membangun BLK di Pulau Taliabu.”Untuk BLK sangat penting agar supaya sebelum masuk ke perusahan para pencari kerja telah mempunyai dasar dalam semua bidang,”kilahnya.

Langkah Bupati untuk pembangunan BLK ini direspon positif oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Pulau Taliabu, M. Alnajib Sarihi, SH, menurutnya bila BLK telah berada di pulau taliabu, maka pencari kerja di luar Taliabu tentunya akan kembali, karena sebelum melakukan pekerjaan akan dibekali dasar. Dan selanjutnya pihak perusahan juga harus membuka lowongan dengan tidak memilih-milih.”Ini tentunya perusahan tidak bisa menolak, karena pencari kerja telah mempunyai dasar awal dan perusahan lagi tidak perlu beralasan mendatangkan tenaga asing,”kata Politisi Berkarya ini. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *