Wakil Bupati Serahkan BLT BBM Pulau Taliabu Tahap Pertama

Penyerahan BLT BBM secara simbolis

LK.com, TALIABU – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM), untuk Kecamatan Taliabu Barat, dilaksanakan secara simbolis di kantor Pos dan Giro Unit Bobong, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pulau Taliabu, Hi. Ramli yang didampingi Kadis Sosial dan beberapa perwakilan instansi terkait maupun assisten Setda Pulau Taliabu, pada Selasa (20/9).

Untuk memastikan ketertiban warga penerima, pihak kantor Pos dan Giro Unit Bobong, memasang tenda untuk para penerima dan mengatur giliran warga yang diperbolehkan masuk ke kasir penerimaan BLT BBM Tahun 2022 tersebut.

Kepala kantor Pos dan Giro Bobong, Ridwan Ibrahim, mengaku disediakan tenda untuk para penerima BLT BBM ini, agar para penerima yang antian merasa nyaman saat menunggu.”Kita sediakan agar supaya semua terpusat dan terhindar dari teriknya matahari,”katanya.

Dirinya mengaku, untuk wilayah kecamatan Taliabu Barat dipusatkan di Kantor Pos dengan jumlah penyaluran BLT BBM tahap 1 (satu) tahun 2022 di Wilayah Kecamatan Taliabu Barat sejumlah total 414 KPM yaitu : Bobong 31 KPM, Wayo 40 KPM, Talo 68 KPM, Pancuran 24 KPM, Kilong 23 KPM, Ratahaya 24 KPM, Meranti 20 KPM, Kramat 28 KPM, Limbo 51 KPM,  Lohobbuba 37 KPM, Holbota 19 KPM, Kawalo 27 KPM, Woyo 22 KPM.”Kita melayani Taliabu Barat saja,”ungkapnya.

Kadis Sosial Pulau Taliabu La Utu Ahmadi, mengatakan lounching pertama penyaluran BLT BBM degan pengawasanya cukup ketat, sehingga tidak perlu takut bahwa dana akan hilang. Apalagi, Dinas sosial hanya menyiapkan data dan untuk penyaluranya dilakukan oleh Bank atau kantor Pos, sehinggah kepada penerima yang sudah ada namanya yang sudah masuk dalam daftar resmi sebagai penerima BLT BBM.”Dinsos hanya melakukan pendataan dan penyaluran melalui Kantor Pos dan Bank BRI terdekat,”katanya.

Sedangkan mengenai data terpadu kegiatan sosial (DTKS) untuk Taliabu sudah mencapai 7000 lebih namun kami belum tahu untuk data BLT BBM sebanyak 1886 kpm dengan menerima uang tunai untuk Bulan Oktober dan November sebesar Rp.300.000, sesuai dengan data dari BLT sembako dan penerima BLT BBM tahap 1. Dan kalau ada yang menerima sebanyak Rp.500 ribu itu berarti yang bersangkutan belum menerima BLT Sembako sebanyak 200.000.00 dan di tambahkan dengan BLT BBM senilai 300.000.”Kalau ada tetangga menerima Rp.500 ribu dan lain Rp.300 ribu, berarti yang bersangkutan belum menerima BLT Sembako dengan nilau Rp.200 ribu,”tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pulau Taliabu, H. Ramli, juga mengatakan bahwa masyarakat Pulau Taliabu yang berhak menerima BLT BBM ini terkait dengan program pemerintah yang menaikan BBM. hingga berdasarkan kebijakan Pemerintah Pusat memberikan bantuan langsung tunai BBM untuk meringankan beban masyarakat. Hal ini sesuai dengan arahan Kemendagri, Kemenkeu, BPK, Jaksa Agung, Panglima TNI bahwa semua bantuan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang di awasi oleh TNI, POLRI, Kejaksaan, unsur lain tetmasuk rekan-rekan media.”Jadi Bantuan ini merupakan Bantuan atas naiknya harga BBM. dengan melibatkan Kantor POS dan bank BRI yang sumber datanya berasal dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota,”katanya.

Penyaluran BLT BBM yang dibagikan perdana ini langsung di salurkan untuk 2 bulan, yakni untuk September dan Oktober. Nominalnya per satu bulan Rp 150.000.”Dialihkannya sebagian subsidi BBM ke BLT ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga pertumbuhan ekonomi dan inflasi tetap terjaga,”akunya.

Hadir dalam penyerahan selain Wakil Bupati dan Kadis Sosial diantaranya Syukur Boereo (Asisten I Setda Pulau Taliabu), Nazammudin S.H (Kastel Kejari Kab. Pulau Taliabu), Gesberd Tani (Inspektur Inspektorat Kab. Pulau Taliabu), Serda La Tomy (Babinsa Desa Wayo) dan sejumlah Pegawai Kantor Pos. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *