Dishub Taliabu Dapat DAK dari Dua Dirjen Di Kementerian

Kadis Perhubungan Pulau Taliabu, H. Irwan Mansur

LK.com, TALIABU — Dinas Perhubungan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, kembali mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 37 miliar pada tahun anggaran 2023 dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut untuk pembangunan sejumlah infrastruktur perhubungan maupun fasilitas lain dan dari Kemendes melalui Ditjen PDTU sebanyak 4 miliar lebih untuk pembangunan jalan penghubung areal pelabuhan. Dan kemungkinan DAK Dishub dinilai yang terbesar untuk seluruh OPD di Taliabu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulau Taliabu, H. Irwan Mansur, mengungkapkan alokasi DAK ini jauh lebih besar dari tahun 2022 yang hanya Rp 24,5 Miliar.”kita berharap untuk para kontraktor yang telah melakukan pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu, agar supaya proses pekerjaan tepat waktu dan DAK kembali diberikan sesuai dengan kebutuhan daerah,’katanya.

Dirinya, mengaku DAK dari Dirjen perhubungan Laut itu, tentunya akan dipergunakan pada proses pembangunan dermaga, fasilitas penumpang dan sejumlah tambatan perahu. Sedangkan, untuk DAK dari Ditjen PDTU sebanyak 4 miliar lebih, akan dipergunakan pada proses pembangunan jalan penghubung ke dermaga atau sesuai dengan kebutuhan daerah berdasarkan aturan yang ada.”Pada intinya semua DAK akan diperuntungkan sesuai dengan kebutuhan daerah di bidang perhubungan Laut dan Darat berdasarkan aturan dua Dirjen tersebut,”akunya.

Bahkan, mantan Kaban Keuangan ini, mengaku ada sejumlah anggaran di dirjen PDTU itu, namun karena berkas pendukung belum dimilik terutama jalan non status di dalam Desa. Hingga, permintaan sebesar Rp.10 miliar hanya mampu diberikan sebesar Rp. 4 miliar lebih.”Awalnya kita melakukan permintaan sebesar Rp.10 miliar, namun dukungan administrasi dinilai tak mendukung, maka kita diberikan sesuai yang saat ini,”tandasnya. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *