Kemendes PDTT dan Menkominfo Dorong Kemitraan BUMDes Taliabu

DPMD Taliabu Siap Dorong Kemitraan BUMDes Dengan BAKTI untuk Jaringan Internet Desa

Kegiatan Sosialisai Kerja Sama Kemitraan Bumdes dan BAKTI Kominfo.

LK.com, TALIABU – Dinas Pembardayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Taliabu, ikut mendorong terjalinnya kemitraan BUMDes dengan Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kemendes PDTT dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kehadiran BAKTI, Kemendes PDTT dan Menkominfo ini, untuk melakukan kegiatan sosialisasi Program Kerjasama Kemitraan BUMDes di Pulau Taliabu. Sosialisasi yang dilakukan di Balai Pertemuan Desa Kilong Kecamatan Taliabu Barat ini, dihadiri forkopimda, para Kepala OPD, pendamping P3MD, Camat, Kepala Desa, dan para Direktur BUMDes se-Kabupaten Pulau Taliabu.

Kegiatan ini dibuka oleh Assisten I Setda Pulau Taliabu (Bidang Pemerintahan, Kesra dan Perekonomian) Drs. M. Syukur Boeroe. Ia mengatakan BUMDes harus terus dikembangkan menjadi suatu badan usaha yang besar dan menjadi lahan untuk pengembangkan potensi desa. Kedepan.“Kalau BUMDes kita maju Insya Allah masyarakat di desa juga akan sejahtera,” kata Syukur, Rabu (12/10/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Rommiel Kusairi, SE, analisis kebijakan Muda Kemendes PDTT menjelaskan, kegiatan kemitraan antara BUMDes dan BAKTI Kominfo sudah sukses di beberapa daerah di Indonesia. Untuk Pulau Taliabu, baru pada tahap sosialisasi.

Untuk itu, bagi BUMDes Taliabu yang akan melakukan kemitraan nantinya selain mendapatkan pendampingan juga akan dilakukan pelatihan tenaga teknis oleh BAKTI Kominfo.“Bagi Desa di Taliabu yang ingin mengembangkan BUMdes bersama BAKTI akan didampingi, kalau Kepulauan Sula sudah pada fase penandatangan surat perjanjian kerjasama,” kata Rommiel.

Kepala Dinas PMD Agumaswati Toyib Koten berharap, BUMDes Pulau Taliabu bisa menjemput peluang guna mengatasi susahnya jaringan internet di desa sekaligus bermanfaat ganda karena berimplikasi pada lahirnya PADes melalui usaha BUMDes.

Meski demikian, Agumaswati mengatakan bahwa komitmen kemitraan nantinya dilakukan hanya khusus kepada BUMDes di desa yang mau bermitra, tanpa paksaan. “Nanti untuk Desa yang mau bermitra saja, yang tidak mau, tidak apa karena tidak dipaksakan,”tuturnya. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *