Bupati Minta Doa Agar Perguruan Tinggi Hadir di Pulau Taliabu

Bupati Pulau Taliabu, Maluku Utara, Hi. Aliong Mus

LK.com, TALIABU – Cita – cita memiliki perguruan tinggi di Pulau Taliabu, akan segera terwujud. Pasalnya, Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, telah memerintahkan Kepala Badan Litbang Pulau Taliabu, untuk segera membuat yayasan untuk membawahi perguruan tinggi.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Litbang Pulau Taliabu, H. Karidu Hamura, bahwa keinginan Bupati Pulau Taliabu dalam mendorong pendidikan di Pulau Taliabu begitu besar, hingga itu, Litbang ditugaskan untuk membentuk yayasan yang nantinya akan mendorong pembentukan perguruan tinggi.”Jadi saya ditugaskan untuk membentuk yayasan terlebih dahulu, terutama kelengkapan administrasinya,”katanya, kepada media Lintas Khatulistiwa.com.

Dan untuk menindaklanjuti hal ini, dirinya telah melakukan konsultasi dengan berbagai pihak, baik terkait dengan proses pembangunan Perguruan tinggi, melalui yayasan maupun pihak Kopertis Wilayah XII yang membawahi Maluku dan Maluku Utara.”Saya sudah melakukan konsultasi, tinggal menunggu Bupati kembali untuk mengajukan susunan pengurus yayasan untuk pengurusan berkas kelengkapan yayasan, agar mudah melakukan proses,”cetusnya.

Intinya, Pulau Taliabu sangat dibutuhkan sarana pendidikan tinggi bagi generasi muda. Apalagi dalam era desentralisasi ini ada fenomena baru di Pemerintah Daerah (Pemda) terutama di Kabupaten/Kota untuk mendirikan perguruan tinggi. Tentu saja niat dan semangat itu tidak salah dilihat dari kerangka kewenangan pemda, menurut Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 1999.

Sesuai amanat Pasal 7 Ayat (1) dan Pasal 11 Ayat (2) UU No 22/1999, pemda memiliki kewenangan penuh mengurus, mengatur, dan membangun pendidikan di daerah masing-masing. Karena itu, pasal-pasal tersebut memberi otoritas legal bagi pemda untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi. Sampai saat ini perguruan tinggi tidak menjadi wacana atau isu nasional, apakah jenjang pendidikan itu harus dikelola pemerintah pusat atau pemerintah kabupaten/kota.”Bupati berharap semoga 2023 ini bisa dilaksanakan, hingga itu Bupati juga berharap masyarakat dapat mendorong niat baik pemda dalam mendirikan perguruan tinggi ini,”tandasnya. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *