SMKN 2 Pulau Taliabu Sukses Akhiri Kemah Aksi Ambalan

"Ciptakan generasi Pemimpin Dari Gerakan Pramuka,"Ka Mini

Api Unggun Bentuk Tunas Kelapa

LintasKhatulistiwa.com, TALIABU–Guna menciptakan generasi cinta lingkungan dan alam, SMK Negeri 2 Pulau Taliabu,  suksek mengakhiri Kemah Aksi Ambalan, selama empat hari, Kamis-Minggu, 3-6 November 2022, berpusat di halaman SMK Negeri 2 Pulau Taliabu, Desa Pancado, Taliabu Selatan.

Kegiatan yang dibuka dan di tutup Ka Mabigus Domini La Jawara, S.PdI, pada pembukaan mengatakan kegiatan perkemahan ini dirangkaikan dengan pengukuhan Ambalan yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus (SKU) selama 6 bulan lalu.”Kami terus melakukan perubahan pada SDM siswa dan puncak kegiatan diharapkan membuat siswa yang tergabung dalam Ambalan dapat bertanggungjawab baik terhadap perilaku maupun kegiatan di wilayah Kecamatan Taliabu Selatan seperti yang dilaksanakan oleh para Ambalan tertua di SMK Negeri 1 Pulau Taliabu,”katanya.

Kegiatan yang diwajibkan oleh sekolah ini dihadiri oleh siswa Kelas 1 sampai kelas III SMK Negeri 2 Pulau Taliabu. Namun, tidak seluruhnya dikukuhkan menjadi Penegak Bantara, karena belum memenuhi syarat. Dan kegiatan ini juga dihadiri oleh Dua Pangkalan Gudep Penggalang Yakni Penggalang SMP Negeri 1 Tabona dan SMP Negeri 1 Pancado.

Bagian Kegiatan Awal dan Akhir Kemah Aksi Ambalan

Adapaun jenis kegiatan yang diikuti oleh peserta perkemahan di antaranya, Pemberian materi Latihan Baris Berbaris (LBB) oleh Alumi Paskibraka Kabupaten, Pentas seni, dan halang rintang, Game serta renungan jiwa diperkuburan Islam Desa Maluli. Seluruh kegiatan tersebut disusun sebagai media pembentukan karakter peserta Kemah Aksi Ambalan Gerakan Pramuka.“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur acara kita pada hari ini berlangsung dengan baik tanpa ada kendala yang berarti. Semoga setelah kegiatan ini berakhir, anak-anak kami khususnya yang kelas XII dapat menjadikan kegiatan ini sebagai ilmu dan media penggemblengan kedisiplinan serta rasa tanggung jawab dalam menghadapi zaman teknologi ke depannya,”tandasnya.

Sementara,  Malam pembakaran api unggu sebagai puncak acara kegiatan perkemahan juga tidak kalah meriahnya. Pembakaran api unggun diakhiri dengan penampilan beberapa pentas seni utusan masing-masing sangga dan regu. Lomba penampilan pentas seni. Namun, pembakaran Api unggu Sangga Kerja melakukan inovasi yang dibantu dua Bantara Alumi SMK Negeri 1 Pulau Taliabu  dengan menggoreskan logo tunas Kelapa dan dan bertuliskan SMKN 2 Pulau Taliabu.“Semoga ke depan kami selaku panitia penyelenggara dapat berbuat lebih baik lagi. Alhamdulillah kegiatan perkemahan Aksi Ambalan pada tahun ini berjalan dengan sangat baik, disiplin, dan koorpratif. Saya sangat mengucapkan terimakasih kepada pihak Babinsa Kecamatan Taliabu Selatan, Ka Bahtiar dan Pengurus Kwarcab serta kakak-Kakak SMKN 1 Pulau Taliabu, serta Ambalan SMKN 5 Pulau Taliabu serta SMAN 5 Pulau Taliabu  yang telah mensupport penuh kegiatan kita ini, semoga ke depan ka Mabicab Taliabu bisa ikut serta,”kata Domini menutup acara api unggun. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *