Bupati Pulau Taliabu Bakal Ikut RDP di DPR RI

Bupati Pulau Taliabu, H, Aliong Mus

LintasKhatulistiwa.com, TALIABU – Bupati Pulau Taliabu, H, Aliong Mus, bersama dengan pimpinan Daerah lainnya di Provinsi Maluku Utara, bakal melakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat) bersama DPR RI, Komisi XI dan komisi VII terkait Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemerintah Pusat terutama DBH Pertambangan yang saat ini sedang di uji di Mahkamah Konstitusi.

Hal ini dikatakan Bupati saat dikonfirmasi bahwa dirinya di undangan bersama pimpinan daerah di Maluku Utara, untuk kegiatan RDP di DPR RI, terkait dengan persoalan DBH.”Bupati dan Walikota di Malut, diundang untuk menyelesaikan polemic DBH,”katanya.

Saat disinggung persoalan DBH Pertambangan yang saat ini pemprov Malut masih melakukan uji material atas pembangian di MK. Politisi Golkar ini, mengaku salah satunya memang dalam RDP itu adalah persoalan DBH pertambangan. Namun,  tidak menutup kemungkinan semua DBH juga akan dibahas.”Memang salah satu yang masih hangat adalah persoalan DBH Pertambangan,”cetusnya.

Untuk diketahui Prov Malut telah mengajukan keberatan atas PNBP dan DBH tahun 2020-2022 Prognosa Tahun 2023 dan pembahasan agenda pertemuan dengan Presiden dan pembahasan agenda pertemuan bersama DPR RI, Komisi XI dan komisi VII, dengan mengundang Kementerian Keuangan dan Kementerian ESDM.”Penyaluran DBH berdasarkan realisasi penerimaan tahun anggaran berjalan sebagaimana tertuang dalam pasal 23 UU Nomor 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah dan pemerintahan daerah,”paparnya.

Bahkan dirinya berharap agar Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah Provinsi, dan Kabupaten/kota se- Maluku Utara mendapat titik temu. Agar supaya PNBP sektor tambang yang menjadi sektor unggulan Maluku Utara saat ini dapat meningkatkan  perekonomian di daerah dan mengurangi angka kemiskinan, padahal Maluku Utara mempunyai sektor pertambangan, namun justru masih mengeluhkan tentang kemiskinan di daerah. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *