Kesbangpol Rilis Syarat dan Cara Pendaftaran Paskibraka 2023

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022

LintasKhatulistiwa.com, TALIABU – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) membuka pendaftaran Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023. Pasukan ini akan berpartisipasi dalam upacara kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus nanti.

Paskibraka adalah sekelompok orang yang bertugas dalam agenda pengibaran dan penurunan Sang Saka Merah Putih pada upacara kemerdekaan Indonesia tepatnya 17 Agustus. Paskibraka terdiri dari 68 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok, yakni Kelompok 17, Kelompok 8, dan Kelompok 45.

Anggota Paskibraka berasal dari siswa jenjang SMA/SMK di seluruh Indonesia. Calon anggota Paskibraka harus melalui seleksi dari tingkat sekolah hingga nasional.

Guna mempersiapkan Paskibraka 2023, BPIP kembali membuka pendaftaran. Bagi kamu yang tertarik, bisa cek beberapa syarat yang wajib dipenuhi seperti dikutip dari Instagram resmi BPIP @bpipri.

Syarat Paskibraka 2023

Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Calon Paskibraka adalah pelajar kelas 10 dengan minimal usia 15 tahun sampai dengan 19 tahun.
  2. Melampirkan surat izin tertulis dari kepala sekolah
  3. Mendapat persetujuan tertulis dari orang tua/wali
  4. Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Kesediaan Mematuhi Peraturan Pembentukan dan Pelaksanaan tugas Paskibraka Tahun 2023.
  5. Nilai akademik minimal berkategori baik.
  6. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan setempat.
  7. Memiliki berat badan ideal.

Memiliki tinggi badan ideal, sebagai berikut:

  • -Paskibraka tingkat pusat dan provinsi memiliki tinggi badan pelajar putra paling rendah 170 cm dan paling tinggi 180 cm dan pelajar putri paling rendah 165 cm dan paling tinggi 175 cm yang dinyatakan dalam surat keterangan sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan setempat.
  • -Paskibraka tingkat kabupaten/kota memiliki tinggi badan pelajar putra paling rendah 165 cm dan paling tinggi 180 cm dan pelajar putri paling rendah 160 cm dan paling tinggi 175 cm yang dinyatakan dalam surat keterangan sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan setempat.
  • Memiliki bentuk kaki 0 (O been) dengan ekstremitas paling banyak 5 cm, bentuk kaki X (X been) dengan ekstremitas paling banyak 5 cm, dan tidak memiliki bentuk telapak kaki datar (flat foot).
  • Telah memperoleh vaksinasi Covid-19.

Tata Cara Pendaftaran Paskibraka 2023

  • Pendaftaran Paskibraka 2023 diakukan secara online melalui situs paskibraka.bpip.go.id kemudian klik DAFTAR.
  • Isi data diri sesuai dengan KTP/KIA/KK dan masukkan kata sandi untuk pembuatan akun.
  • Jika pendaftaran akun berhasil, kembali masukkan NIK dan password yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Upload foto dan berkas persyaratan. Setelah upload, klik KIRIM. Jika pendaftar memenuhi syarat, maka akan tampil notifikasi dan tombol untuk mengunduh kartu ujian. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *