Ketua PT Malut di Sambut dengan Adat Gapeta En’doi

Penjemputan Ketua PT Maluku Utara saat tiba di Pelabuhan Bobong

LintasKhatulistiwa.com, TALIABU – Akhirnya, Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Maluku Utara, Yang Mulia Humuntal Pane, S.H., M.H, tiba di Pulau Taliabu, setelah empat jam melakukan perjalan dari Kepulauan Sula dengan menggunakan spead boad.

Rombongan Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Maluku Utara ini, dalam rangka Pengawasan dan Pembinaan di wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Maluku Utara, dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun ke-70 Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI).

Setibanya di pelabuhan Bobong, Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Maluku Utara, dijemput Bupati, forkopimda, pimpinan OPD dan pagar hidup dari siswa dan siswi SD dan SMP ini. Karena, Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Maluku Utara, merupakan tamu kehormatan maka dirinya dijamu dengan prosesi adat. Diawali dengan Gapeta En’doi atau yang biasa dikenal tradisi injak tanah.

Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Aliong Mus dalam sambutannya mengatakan, prosesi penjemputan yang dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada setiap tamu yang belum pernah injak kaki di tanah Taliabu.“Proses penjemputan yang bernuansa adat ini tentu dilakukan sebagai bentuk doa dan harapan agar tamu kehormatan tersebut tiba serta kembali ke daerah asalnya dalam keadaan selamat,” ujar Aliong.

Adapun agenda Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Maluku Utara beserta rombongan ke Taliabu dalam rangka Kunker pengawasan dan pembinaan di wilayah hukum Pengadilan Tinggi di Maluku Utara.

Dalam kunjungan tersebut, Hakim Humuntal juga dijadwalkan akan hadir sebagai pembicara dalam dialog interaktif dengan tema, “Internalisasi Budaya Hukum” dalam rangka mempercepat pembangunan daerah di Kabupaten Pulau Taliabu. Pada Rabu (8/3) esok di eks aula kantor Bupati. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *