Bupati Pulau Taliabu Hadiri Forum UNGEGN di Markas PBB di New York Bersama Para Pakar Dari Belahan Dunia

Bupati Pulau Taliabu menyerahkan Cendramata kepada Salah satu Petinggi Forum UNGEGN

LintasKhatulistiwa.com | TALIABU–Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, menghadiri kegiatan Tahunan forum United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN) di Markas PBB di New York, sejak 1-5 Mei 2023 di New York Time. Kegiatan ini dilakasanakan dalam tiga sesi atau pembahasan ini, Bupati Pulau Taliabu menjadi pembicara.

Agenda Tahunan  UNGEGN di Markas PBB ini membahas manajemen data toponim dan surat kabar, sistem romanisasi, keragaman dan inklusi, peningkatan kapasitas dalam toponimi dan nama geografis sebagai warisan budaya yang dilakukan para pakar di bidang masing-masing.

Kegiatan yang mengangkat tema “Memperkuat hubungan, tautan dan koneksi dalam standardisasi nama geografis dan untuk pembangunan berkelanjutan dan pemulihan pandemi”. Yang membahas mendukungan pembangunan berkelanjutan, manajemen data toponim dan surat kabar, sistem romanisasi, keragaman dan inklusi, peningkatan kapasitas dalam toponimi dan nama geografis sebagai warisan budaya.

Sesi pertama Bupati Pulau Taliabu duduk berdampingan dengan Delegasi dari Iran

Sedangkan pada Sesi UNGEGN di mana para ahli dari bidang geografi, kartografi, informasi geospasial, linguistik dan sejarah yang saling terkait, dari seluruh dunia berkumpul untuk belajar dan berbagi praktik dan norma terbaik, perkembangan baru dalam administrasi dan standardisasi nama geografis. Sesi ini juga menyoroti peran Grup sebagai pendukung dalam melestarikan warisan budaya dan bila perlu mendukung aspek-aspek yang relevan dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus menuturkan dengan adanya undangan ini menjadi kehormatan bagi Pemda Kabupaten Pulau Taliabu untuk berbagi pengalaman terkait Big Data Geografis di forum UNGEGN, kepada negara-negara Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York. Dimana, Bupati Pulau Taliabu sendiri duduk bersama delegasi asia tenggara terutama Iran.

pelaksanaan kegiatan dimaksud dilaksanakan pada tgl 1 Mei 2023 s.d 5 Mei 2023 New York Time. “Semoga pengalaman Pemda Kabupaten Pulau Taliabu bisa menjadi sumbangsih kepada masa depan dunia yang lebih baik,”katanya.

Selian itu juga dirinya mengaku Tema ini selaras dengan tema Forum Politik Tingkat Tinggi ECOSOC 2023 tentang Pembangunan Berkelanjutan, tetapi juga dengan Rencana Strategis dan Program Kerja UNGEGN 2021-2029, Strategi 2: Relasi, Keterkaitan, dan Koneksi. Dimana semua strategi UNGEGN dan merupakan inti dari pekerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Oleh karena itu, sangat bermanfaat untuk mendorong fokus pada topik ini dan membuat platform melalui sesi 2023 untuk mengeksplorasi berbagai jenis hubungan (formal/informal, organisasi/individu) yang digunakan oleh Negara Anggota untuk mencapai tujuan mereka, dan pada gilirannya mendukung visi UNGEGN. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *