Pemdes Samuya Kerjakan Sapras Kubus Guna Menahan Abrasi Pantai dan Ombak

Proses Pekerjaan Sapras Kubus Guna Menahan Abrasi Pantai dan Ombak

LintasKhatulistiwa.com | TALIABU—Pemerintah Desa (Pimdes) Samuya, Kecamatan Taliabu Timur, Pulau Taliabu, Maluku Utara, sesuai dengan program fisik pada APBDes Tahun 2023, untuk melakukan pembuatan Sapras kubus untuk menahan amukan ombak dan abrasi pantai rampung di kerjakan.

“Dengan adanya pemecah ombak dan pengantisipasi abrasi pantai, tentu akan mengurangi amukan ombak sampai di jalan dan akan mengurangi abrasi pantai di Desa Samuya. Bahkan, dengan adanya ini pada musim teduh akan dijadikan tempat perahu,”kaya plt. Kades Samuya, Hasyim Fokaaya, kepada media ini, Kamis (18/02/2023).

Dirinya mengaku panjang penahan abrasi pantai yang dikerjakan oleh pemerintah Desa Samuya sebanyak  44  tungkukan  dengan ukuran diameter 1x 1,5 meter yang dianggarakan melalui Dana Desa (DD). Dan rencananya, kegiatan fisik penahan ombak dan abrasi pantai ini masih akan dianggarkan pada Tahun depan. Karena, 44 tungkukan belum mencukupi bibir pantai Desa Samuya yang sering abrasi akibat hantaman ombak.”Sekarang Desa baru mampu membuat 44 tungkukan dalam bentuk kubus, kedepan kita masih akan anggarkan, supaya pantai dan pemukiman warga yang ada disekitaran pantai aman dari ombak,”paparnya.

Plt. Kades yang juga Camat Taliabu Timur ini, mengatakan saat ini jika musim gelombang air laut yang disertai dengan ombak sudah langsung masuk ke pekarangan warga bahkan bisa sampai di jalan. Dan hal ini menyebabkan pergesakan dan terjadi abrasi pantai.”Alhamdulilah proses pekerjaan saat ini rampung dan sangat direspon oleh warga terutama yang berada di pesisir pantai,”ucapnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *