Pulau Taliabu Dalam Waktu Dekat Bakal Ketambahan Desa

Bupati Pulau Taliabu, Maluku Utara, Hi. Aliong Mus

LINTASKHATULISTIWA. com | TALIABU–Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Taliabu dalam waktu dekat akan mengeluarkan Perda terkait pemekaran Desa di Kabupaten Pulau Taliabu, terutama bagian Utara dan Selatan Taliabu. Landasan pemekaran Desa ini  telah melalui hasil penelitian dari Universitas Khairun Ternate, terkait dengan kelayakan desa yang akan dimekarkan.

Hal ini dikatakan Kadis Kominfo Basiludin La Besi, kepada sejumlah media bahwa dalam waktu dekat ada sejumlah Desa di Kabupaten Pulau Taliabu serta membentuk beberapa desa persiapan.”Sesuai hasil penelitian semua Desa yang akan dimekarkan sesuai dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2014. Maka, Bupati Pulau Taliabu dalam waktu dekat akan menandatangani Perda terkait dengan pemekaran Desa, “katanya.

Untuk mempercepat proses pemekaran dan proses Peraturan DaerahDaerah, Bupati telah menujuk Asisten 1 Setda Pulau Taliabu, menjadi Ketua Tim Pemekaran Desa.”Pemekaran desa ini merupakan langkah strategis pemerintah daerah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, untuk itu Bupati ingin mempercepat pemekaran ini,”ujar Jubir Pemda Taliabu ini.

Selain itu, jelas Basiludin, Bupati juga mempersiapkan Dusun Bawang menjadi Desa Persiapan Liang Data. Maka, Bupati telah memerintahkan Kadis Perkim untuk segera membangun rumah di kawasan dusun bawang. Sedangkan, untuk persiapan Desa Fangu, Desa Dufo diminta kepada para camat dan kades desa induk untuk membantu menginformasikan kepada masyarakat dan pembuatan desa desa.”Selain pemekaran Desa ada juga Desa tiga desa persiapan. Untuk, proses percepatan pemukiman warga, maka menugaskan dinas terkait dan camat serta kades ikut membantu tim,”paparnya.

Dia antara desa desa yang akan di mekarkan adalah desa Jorjoga, Sahu dan Tikong di Taliabu Utara Desa Todoli, Lede, Balohang di Kecamatan Lede, Desa Nggele dan Onemai di Kecamatan Taliabu Barat Laut, Desa Karamat, Bobong di Kecamatan Taliabu Barat, dan desa Bapenu di Kecamatan Taliabu Selatan, Serta desa persiapan Fangu dari desa Tolong, desa liang data dari (Bawang, red) desa beringin, desa Dufo dari desa Talo. (***) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *