BPBD dan Perkim Menunggu Cuaca Untuk Distribusi Bantuan Bahan Banguan

Salah Satu Rumah Warga Bapenu yang diamuk Angin Puting Beliung

Lintaskhatulistiwa.com I TALIABU— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Maluku Utara, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu dan Dinas Pemukiman dan Perumahan (Perkim) Pulau Taliabu, dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan berupa seng, kayu, paku serta material lainnya, untuk pembangunan rumah yang rusak berat atas Bencana Angin Puting Beliung yang Melanda Desa Bapenu Kecamatan Taliabu Selatan Kabupaten Pulau Taliabu.

Bahkan, permintaan atas rincian kerusakan telah dibuat untuk diserahkan kebagian keuangan Pulau Taliabu oleh pihak BPBD Pulau Taliabu. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu, Jasman La Sao,S.Pd, kepada Media LK.com, Satu, 15 Juli 2023 di ruang kerjanya, bahwa pihaknya telah merincikan anggaran permintaan belanja, untuk kebutuhan rumah para korban kerusakan, akibat Bencana Angin Puting Beliung beberapa waktu lalu itu.”Kita sudah siapkan RAP kebutuhan dan tinggal dimasukan ke keuangan,”katanya.

Namun, sebelum pihaknya mengajukan akan melakukan koordinasi Dinas Pemukiman dan Perumahan (Perkim) Pulau Taliabu, agar supaya tidak tumpah tindih dalam menyelesaikan persoalan perbaikan rumah, terutama rumah yang rusak berat.”Kita masih melakukan koordinasi bersama Perkim, untuk selanjutkan diajukan ke Keuangan. Tetapi dipastikan pekan ini semua akan disalurkan. karena, bahan telah disiapkan tinggal diangkut,”cetusnya.

Sementara itu, Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, melalui Plt. Kadis Kominfo Basiludin La Besi, mengaku kalau bupati telah memerintahkan dinas teknis BPBD dan Perkim, untuk mempersiapkan semua  bantuan material untuk memperbaiki rumah yang terdampak di dua desa tersebut.”Bupati telah memerintahkan dinas tehnis terutama BPBD dan Perkim, untuk secepatnya menyiapkan kebutuhan bahan untuk di distribusikan ke lokasi,”katanya.

Namun, Basiludin mengungkapkan, kalau bupati juga mengingatkan agar melihat kondisi cuaca yang masih sedikit ekstrim, hingga itu, diminta tetap untuk berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa, agar pendistribusian material bangunan rumah yang rusak menunggu cuaca membaik, sehingga berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.”Jadi, kita menunggu kondisi cuaca. Hingga itu, para korban agar bersabar, tunggu cuaca membaik akan kami segera distribusikan. Semua material sudah siap,”tandasnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *