Pemkab Taliabu Bakal Ketambahan Dua Dinas Lagi

Kapala Badan Kesbangpol Sutomon Teapon dan Kabag Hukum Setda Pulau Taliabu, Julkifli Djupa Konsultasi 2 OPD Baru ke Kemendagri.

Lintaskhatulistiwa.com I TALIABU—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Maluku Utara, mengusul pembentukan dua OPD baru kepada Kemendagri, yakni Badan Pendapatan Daerah dan Dinas Pertanahan. Pembentukan OPD baru ini, sangat di butuhkan baik dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pengurusan persoalan tanah. Selain itu, tentunya untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan dan upaya meningkatkan pelayanan publik pemerintah daerah.

Hal ini dikatakan Kabag Hukum Setda Pulau Taliabu, Julkifli Djupa, melalui Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Basiludin La Besi, bahwa nomenklatur dua OPD baru tersebut, awalnya melekat di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan hanya menjadi bagian. Begitu juga Dinas Permukiman dan Kawasan Tata Ruang membawah bidang pertanahan. Hingga, keduanya akan dipisahkan untuk menjadi Dinas nantinya.“Hasil Konsultasi yang dilakukan Kabag Hukum didamping Ka Kesbangpol dengan Kemendagri terkait pembentukan Badan Pendapatan dan Dinas Pertanahan, tinggal melengkapi beberapa syarat administrasi, agar bisa dibentuk.”kata Basiludin menirukan keterangan Kabag  Hukum, Rabu (19/7/2023).

Lebih lanjut Basiludin menjelaskan, syarat administrasi itu akan dibahas oleh Kemendagri pada 24 Juli 2023  dan melibatkan Biro Organisasi Provinsi Maluku Utara, Sekretaris Daerah Pulau Taliabu.”Jadi masih akan pembahasan lanjut terkait syarat tersebut bersama pihak Provinsi,”kilahnya.

Menurut dia, pembentukan ini sangat penting terutama OPD pengelola Pendapatan Daerah. Kemudian Dinas Pertahanan, dimana OPD ini tujuan utamanya untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. “Badan Pendapatan tujuannya untuk kemajuan daerah melalui PAD. Sedangkan Dinas Pertanahan tujuannya pelayanan masyarakat,” jelasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *