Pemdes Parigi Melaksanakan Rembuk Stunting dan Musdes RKPDes Tahun 2024

Kegiatan Musdes dan Rembuk Stunting Desa Parigi

LintasKhatulistiwa.com|TALIABU– Pemerintah Desa Parigi Kecamatan Taliabu Timur, Kabupaten Pulau Taliabu, melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (Musdes RKPDes) Tahun 2024, Rembuk Stunting Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Parigi, pada hari Jumat, tanggal 18 Agustus 2023. Dan dihadiri Ketua BPD desa Parigi dan Pendamping Desa.

Kepala Desa Parigi Burhan Hamli, mengatakan Rembuk Stunting ini program nasional harus dilaksanakan Kegiatannya di Desa. Bidan desa harus mendata betul mana-mana warga yang terdampak stunting laporkan dengan kami di desa supaya kami tahu data yang falid dan dananya kita anggarkan di dana desa.”Kegiatan rembuk stunting ini berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Desa dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa,”katanya.

Rumah Sehat Desa Parigi

Bahkan lanjutnya, penata laksanaan stunting meliputi perbaikan nutrisi, mengatasi infeksi dan penyakit kronis yang ada, perbaikan sanitasi dan lingkungan, serta edukasi ibu atau pengasuh utama tentang perilaku hidup bersih dan sehat.”Nutrisi merupakan komponen yang penting dalam penatalaksanaan stunting. Stunting pada anak memang harus menjadi perhatian dan diwaspadai. Kondisi ini dapat menandakan bahwa nutrisi anak tidak terpenuhi dengan baik,”ujarnya.

Foto Bersam Usai Kegiatan Bersama Kades, BPD dan Pendamping Desa

Sementara Musdes adalah proses musyawarah antara Badan permusyawaratan desa (BPD), Pemerintah desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal yang bersifat strategis.”Tujuannya, ialah untuk menentukan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan ataupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan,”akunya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *