Penandatanganan NPHD Pilkada Serentak Tahun 2024  dengan Polres, KPU dan Bawaslu Taliabu

Penandatanganan NPHD Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan Polres, KPU dan Bawaslu Taliabu

LintasKhatulistiwa.com|TALIABU–  Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada serentak tahun 2024 dengan Polres, KPU dan Bawaslu, Senin (16/10/2023) kemarin.

Penandatanganan NPHD ini dilakukan Bupati Aliong Mus bersama Kapolres, AKBP Totok Handoyo, Ketua KPU, Arisandi La Isa dan Ketua Bawaslu, La Umar La Juma. Ini dilakukan Pemda Taliabu dengan pihak-pihak tersebut untuk menyepakati dana hibah Pilkada serentak tahun 2024.

Kegiatan penandatanganan berlangsung di Kantor Bupati, Desa Kilong, Kecamatan Taliabu Barat. Adapun nilai anggaran yang di sepakati dengan nominal masing-masing, yaitu KPU Taliabu Rp 22.468.366.8002, Bawaslu Taliabu Rp 9.871.639.0003 dan Polres Taliabu Rp 9.518.482.000.

Bupati H Aliong Mus mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya atas kehadiran Kapolres Pulau Taliabu, Ketua KPU Pulau Taliabu dan Ketua Bawaslu dalam acara ini. Bupati juga menekankan bahwa hari ini merupakan tonggak penting dalam menjalankan dan memastikan keberhasilan Program Nasional yang termasuk dalam Program Strategis Nasional.

Orang nomor satu ini berharap bahwa seluruh tahapan Pemilu dan Pilkada 2024, mulai dari awal hingga akhir akan berjalan dengan lancar. “Tujuan utama adalah menjadikan Taliabu sebagai Kabupaten yang paling aman dalam pelaksanaan pemilihan umum mendatang, ”tutupnya.

Ketua Bawaslu, La Umar La Juma saat dikonfirmasi wartawan terpisah mengatakan, dana hibah Bawaslu diatur dalam Surat Keputusan Bawaslu Nomor 195 Tahun 2022 tentang Standar Kebutuhan Pendanaan Kegiatan Pilkada, Gubernur, Bupati dan atau Wali Lota dan PMK Nomor 49 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2024.

“Kami secara kelembagaan dan saya secara pribadi menyampaikan terimakasih atas adanya kesepakatan dan kelancaran penandatanganan dana hibah Pilkada tahun 2024,”ucap Ketua Bawaslu termuda itu.

Dengan pembiayaan ini, Bawaslu Pulau Taliabu tetap teguh dan tegas menjalankan tugas dan wewenang tentang pengawasan, pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilihan. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *