Taliabu Raih Juara 2 pada Bhumandala 2023 Dan Terbaik dari luar Pulau Jawa

penghargaan Bhumandala dan Exhibition kategori batas desa kelurahan dari Badan Informasi Geospasial (BIG) saat diterima Sekda dan Assiten

LintasKhatulistiwa.com|BALI—Setelah tiga bulan penuh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pulau Taliabu, dalam melaksanakan proses Penegasan Tapal Batas Desa, hingga diterbitkannya Perda oleh pemerintah Daerah. Dan menjadikan Pulau Taliabu sebagi projeck percontohan dalam penyelesaian Tapal Batas Desa oleh Provinsi Maluku Utara.

Akhirnya membuahkan hasil dengan meraih penghargaan Bhumandala dan Exhibition kategori batas desa kelurahan dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Karena, Kabupaten Pulau Taliabu, mampu menyelesaikan sesuai target waktu dan lokasi penyelesaian peta batas desa mulai tahun 2021 hingga 2023, sebagai mana Peraturan Presiden (Perpres) No 23 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta Pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1:50.000.

Penyerahakan penghargaan yang berlangsung di Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta Kabupaten Badung Bali, pada  Senin 6 November 2023 Pukul 08.45 WIT itu, Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, di wakili Sekretaris Daerah Dr Salim Ganiru dan Asisten Bidang Pemerintah Drs.Syukur Boeroe.

Foto Bersama DPMD dan Para Tim BIG Saat Penutupan Laporan Penetapan Tapal Batas Desa

Untuk diketahui Penghargaan Bhumandala- Inovasi pemanfaatan informasi geospasial, merupakan bentuk apresiasi BIG Kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dalam tata kelola tapal batas perkotaan sampai tingkat desa oleh pemerintah daerah untuk menyelesaikan peta batas desa sesuai dengan Perpres Nomor 23 Tahun 2021, dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pulau Taliabu Basiludin Labesi, mengatakan penghargaan ini diberikan, karena pemerintah Pulau Taliabu telah menyelesaikan Tapal batas desa di 71 desa dan telah di verifikasi oleh BIG dan telah memenuhi persyaratan teknis.”Untuk luar Pulau Jawa, Kabupaten Pulau Taliabu yang tercepat dan skala nasional Kota Malang di peringkat pertama, Kabupaten Pulau Taliabu di peringkat kedua serta kabupaten Kudus di peringkat ketiga,”katanya.

Para Tim BIG Memberikan Laporan Register Hasil Tapal Batas Desa Pulau Taliabu

Sedangkan, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Pulau Taliabu Agusmawati Thoib Kotten, di dampingi Kabid Lembaga Kemasyarakatan, Adat, Hukum Adat Dan Administrasi Desa, Ruslan La Habibu, ST, mengucapakan kepada semua aparat kecamatan, Desa dan Adat dalam membantu mengsuksekan program tersebut sampai batas waktu yang ditentukan.”Kami mengucapkan terima kasih kepada para camat, Kades, Pj. Kades maupun mantan Kades dan pengaku adat di Pulau Taliabu,”kata keduanya. (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *