Sambut HKN ke 58, Dinkes Taliabu Bakal Gelar Wisuda Massal IDL

Kadis Kesehatan Taliabu, Kuraisia Marsaoly, dalam mengikuti kegiatan Sinkronisasi data BIAN dan IDL di Jakarta. (Istimewa)

LintasKhatulistiwa.com, TALIABU – Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu akan melaksanakan wisuda massal Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) pada November mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly, mengatakan bahwa rencana wisuda massal IDL ini pihaknya bakal melibatkan sebanyak 1000 anak, yang rencananya akan dihadiri juga oleh Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian kesehatan RI.

Menurutnya, kegiatan wisuda massal ini merupakan implikasi dari penerapan Peraturan Bupati tentang gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) Nomor 12 Tahun 2021 pasal 6 poin (4) yang mewajibkan peserta didik yang mendaftarkan diri ke sekolah, baik jenjang PAUD/TK maupun tingkat sekolah dasar (SD) wajib memiliki sertifikat IDL.“Untuk itu, perlu adanya sinkronisasi data capaian, baik program BIAN mau capaian imunisasi rutin,” jelas Kuraisia kepada Nuansa Media Grup (NMG), Senin (10/10).

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini dilaksanakan sebagai implikasi Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2021, tentang gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) pasal 6 poin (4), bahwa mendorong dan mewajibkan peserta didik yang mendaftarkan diri di sekolah, wajib memiliki sertifikat IDL, baik PAUD/TK maupun SD.

Kuraisia juga berharap ke depannya pelaksanaan IDL dapat memenuhi target sasaran. Karena itu, ia meminta Dinas Pendidikan sebagai lintas sektor dapat melaksanakan Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2024 tersebut di sekolah-sekolah, bauk PAUD/TK maupun SD.“Karena imunisasi dapat memberikan kekebalan tubuh secara buatan dengan pembentukan antibodi, sehingga melindungi anak dan mengurangi keparahan penyakit,” tandasnya.

Sekadar informasi, saat ini Kadinkes Taliabu Kuraisia Marsaoly juga sedang mengikuti kegiatan sinkronisasi data BIAN dan IDL di Jakarta. (***)

Penulis: Alfarz DhinEditor: Arhun E Ramanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *